Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Definisi biologi adalah ilmu pengetahuan tentang benda hidup

Definisi biologi adalah ilmu pengetahuan tentang benda hidup.
Benda hidup merupakan salah satu fenomena alam.

Bisa dikatakan biologi merupakan ilmu yang mencakup dari botani, hewan, manusia dan alam sekitar. Beberapa contoh ilmu pengetahuan lain yang termasuk ilmu pengetahuan alam adalah : geologi (ilmu yang mempelajari struktur tanah), mineralogy (ilmu yang mempelajari substansi kulit bumi), fisiologi (ilmu yang mempelajari sifat dan tanda tanah), dan meteorology (ilmu yang mempelajari iklim dan cuaca).

Ilmu pengetahuan alam dibedakan atas ilmu pengetahuan fisika dan kimia. Ilmu pengetahuan fisika membicarakan tentang sifat dan perilaku benda, sedangkan ilmu kimia membicarakan tentang konstitusi atau susunan benda.

Biologi berasal dari bahasa Inggris: biology dan gabungan kata dari bahasa Yunani yaitu βίος, bios, yang berarti "kehidupan" atau "peradaban"; λόγος, dan logos, yang berarti "kata" atau "ilmu" atau "alasan").

Biologi adalah studi ilmiah tentang kehidupan makhluk hidup. Biologi mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan, asal, evolusi, distribusi benda hidup, morfogenesis, reproduksi, patogenesis, dan sebagainya. Biologi berkaitan erat dengan deskripsi karakteristik dan perilaku organisme individu dan spesies secara keseluruhan, dan reproduksi organisme hidup dan interaksi antara mereka dan lingkungan. Bidang ini menjelaskan bagaimana organisme, fungsi mereka, cara dan sebab spesies, serta interaksi sesama mereka dan alam sekeliling.

Biologi berfokus pada ciri-ciri fisik, perilaku dan kebiasaan hidup makhluk hidup pada saat sekarang maupun masa silam, bagaimana cara mereka dihasilkan dan berinteraksi antara sesama mereka dan lingkungan. Bahkan kini ada ahli biologi yang mengkaji kemungkinan hewan yang akan berevolusi pada masa akan datang dan juga yang ada di planet-planet yang lain.

Biologi banyak melakukan pengamatan benda hidup maupun benda mati mulai dari struktur biologi molekul organel, sel, agregat sel, jaringan dan organ pada organisme yag kompleks. Dalam konteks yang lebih luas, perilaku organisme individu dan interaksi mereka dengan orang lain dan lingkungan juga diteliti dengan menggunakan dan menghasilkan metode, teori dan model.

Kata biologi modern diperkenalkan pertama oleh Gottfried Reinhold Treviranus (biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802) dan oleh Jean-Baptiste Lamarck (Hydrog, ologie, 1802). Kata Biologi itu sendiri diperkenalkan dibuat pada tahun 1800 oleh Karl Friedrich Burdach, tetapi ia muncul dengan memperkenalkan buku pada judul Jilid 3 buku Michael Christoph Hanov Philosophiae naturalis sive physicae dogmaticae: Geologia, biologia, phytologia generalis et dendrologia, diterbitkan pada 1766. Pada masa kini, kata biologi tersebut mencakup bidang akademik yang lebih luas yang sering dilihat sebagai bidang yang tersendiri.

Kebanyakan sains biologi merupakan disiplin khusus. Botani merupakan penelitian tumbuh-tumbuhan, zoologi merupakan penelitian hewan, dan mikrobiologi merupakan penelitian mikroorganisme. Bidang lain dalam biologi adalah berdasarkan skala organisme dikaji dan metode mempelajari mereka. Biokimia mempelajari kimia dasar hidup, biologi molekul mengkaji interaksi sistem molekul biologis yang kompleks, biologi sel mempelajari benda binaan kehidupan dasar, yaitu sel, sedangkan fisiologi merupakan kajian fungsi jaringan dan organ organisme fisik dan kimia, dan ekologi merupakan studi hubungan sesama berbagai organsima dan alam sekeliling mereka.



Biologi adalah studi tentang kehidupan. Biologi memiliki cakupan bidang penelitian yang luas yakni :



  1.      pada skala atom skala molekul, melalui biologi molekuler, biokimia
  2.      pada skala selular, melalui biologi sel
  3.      pada skala multi selular, melalui fisiologi, anatomi, dan histologi
  4.      pada tingkat pembangunan atau ontogeni setiap organisme, melalui biologi perkembangan (developmental biology)
  5.      pada tingkat pewarisan antara orang tua dan keturunan melalui genetika
  6.      pada tingkat kebiasaan grup ethologi
  7.      pada tingkat keseluruhan populasi, melalui genetika populasi
  8.      pada skala berbagai spesies dari keturunan, melalui sistematis
  9.      pada tingkat populasi saling terkait dan habitat mereka melalui lingkungan dan biologi evolusi
  10.      dan jangkauan melalui xenobiologi pada tahap kehidupan selain di bumi.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar